Senin, 13 Mei 2013

Edit

Long Way


Rabu, 15 Mei 2013…
Aku Baru saja mendapat kabar bahwa sahabatku akan kembali ke Indonesia tanggal tersebut sebelum ia bertandang lagi melanjutkan studinya di Jerman setelah satu tahun di Bangkok dan ber IPK 4 di program masternya, subhanallah..
Sahabatku ini akan kembali ke kuningan, kampung Halamannya dan menjenguk keluarganya dulu sebelum ia melanjutkan studinya di Aachen.. aku terharu mengingat semua perjalanan yang dilaluinya… bagaimana ia bisa diterima di program beasiswa DAAD Thai-German ini, bagaimana ia mengarungi masa2 sulit belajar di negara minoritas muslim, bertahan dengan jumlah beasiswa yang cukup minim dibanding beasiswa2 lainnya namun sahabatku tetap bisa mengambil kurusus bahasa Jerman sbg persiapan satu tahun di Jerman, mengikuti tes IELTS yg juga cukup menghabiskan biaya, serta biaya lainnya.. perjalanannya ini bukan perjalanan biasa.. ini adalah perjalanan mimpi untuk sebuah negeri, bernama Indonesia..
Sahabat, doaku selalu menyertaimu..
Saudariku, namamu selalu ada dalam doa-doaku..
Semoga masih ada kesempatan bagiku menemuinya sebelum keberangkatanku, juga ke Eropa..
TUHAN… Kau kembali kabulkan doa doa kami.. kami memang berjanji bertemu di Eropa meski kemungkinan tidak bisa di waktu ini. 31 May ia berangkat ke Jerman dan 2 Juni aku berangkat ke Belanda.. kami sama2 akan (insyaAllah) berada di Eropa meski di tempat dan tujuan berbeda.. persis seperti impian kami satu tahun yang lalu..
Sahabatku, semoga aku dan kamu juga bisa lulus bersama.. tahun depan, 2014. Persis seperti impianku saat ini. Impianku detik ini, saat aku menuliskan tulisan ini…
Jakarta
13 Mei 2013

1 komentar: