Minggu, 19 Mei 2013

Edit

Being Responsive

Buat gue, responsif adalah suatu sikap menanggapi segala sesuatu hal dengan cepat or istilah lainnya adalah tanggap. Entah in case apapun. Responsif adalah suatu sikap yang baik dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain.

Omong-omong soal responsif, gw banyak belajar dari mantan roommate gue (Yolanda Sylvia) and guru gue yang sekarang (subhanallah, beliau responsif abis). Contoh hal kecil responsif yang bisa gue pelajarin dari mantan roommate gue, cipi, adalah konfirmasi jarkom or anything else. Semisal mendapatkan sms jarkom yg membutuhkan konfirmasi, maka lakukanlah konfirmasi sesegera mungkin. Balaslah smsnya, beri tahu kondisi kita saat itu sehingga akan lebih memudahkan mengatasi permasalahan yang ada.

Biasanya kasus2 nggak responsif terjadi di berbagai organisasi. Orang2 males konfirmasi sehingga menghambat agenda dan jadwal lain. Contoh lain yang banyak gw pelajarin dari cipi adalaah... responsif terhadap permasalahan orang lain. Yep, semisal ada seseorang yg ingin berkonsultasi sama cipi, entah itu adik kelas or sahabat lain, entah itu permasalahan pribadi or ttg paper, cipi cepet banget meresponnya. Naaah, hal kayak gini yang bikin orang lain akan puas dengan pelayanan kita hehehe.. misal ada contoh temen mau bunuh diri saking desperatenya n butuh temen curhat eh tapi kita malah lambat meresponnya, bisa2 keburu bunuh diri duluan tuh temen kita hehehe...

Hal lain tentang responsif yang gw pelajarin dari guru gue yg sekarang sebenernya juga gak jauh beda. Cuma gw bener2 terkesan sama beliau dalam pengelolaan waktu dan pengaturan jadwal diantara segala aktivitasnya yg padat! Beliau sangat detail dan sistematis dalam mengatur aktivitas hingga kalender pribadi pun selalu dibawa kemana2. Sehingga jika ada agenda bersama yang akan direncanakan, beliau bisa segera mengkonfirmasikannya dan mencocokkan dengan jadwal tsb.

And yep! Responsif adalah suatu sikap yang dibutuhkan dalam hablumminannas.. tanggap sosial terhadap sekeliling dan lingkungan sekitar juga merupakan amal ibadah. So, be a responsive person yaaah in term of positive way pastinyah :D

2 komentar: