Rabu, 13 Maret 2013

Edit

Mendekatimu, berarti Mendekati Tuhan



“Mendekatimu, berarti Mendekati Tuhan”

Saya suka banget tagline diatas. Tagline diatas diambil dari tagline sebuah komunitas pecinta alam lepas, sebut saja nama komunitas tsb AADT (Arung Alam Dekati Tuhan). sebenarnya diambil pula dari tagline pendirinya, sebut saja namanya I.M.A.N.

Bukan tentang komunitas ini yang mau saya ceritakan namun makna dari tagline tersebut.

Adalah sebuah topik klasik or maybe hangat untuk membicarakan masalah jodoh akhir-akhir ini. Tentu saja, karena sudah tak asing lagi topik “jodoh” menjadi pembicaraan hangat di semua kalangan yang sedang mencari jodoh (termasuk saya hihihi). Terlepas dari semua itu, saya mau cerita sedikit dulu tentang berbagai kisah kasih yang singgah di telinga saya.

Banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mencari jodoh, alias mencari pasangan hidup. Ya, karena masalah jodoh ini bukan sembarangan, memilih jodoh pun bukan seperti memilih ikan-ikan segar yang ada di pasar ikan (nggak banget deh perumpamaannyaaa wkwkwk), mungkin memilih jodoh bisa diibaratkan dengan memilih jarum diantara tumpukan jerami (nah, ini perumpamaannya lebih oke :p)

Kenapa begitu? Karena semua pasti berharap jodoh yg dia dapatkan bisa mendampingi hidupnya hingga akhir hayat, mengarungi samudera luas kehidupan termasuk pasang dan surutnya, bukan begitu? (betuuulll!!)

Jalan menuju pernikahan pun macam-macam, bisa pacaran dulu demi (katanya sih) mengenal satu sama lain secara mendalaaam banget, bisa juga langsung lamar, gebet serebet langsung dapet segambret! Hehe… teruuus.. bisa juga dengan jalan sindir menyindir.. maksudnya gmn nih? Entah ya.. ini istilah saya ajah hahaha… bisa juga maen tek tekkan, ampe tekdung semuanya hihi.. bisa juga maen jodoh-jodohan (ini apa lagi sih?? Haha), or… katanya sih jalan terbaik ta’aruf, tak kenal maka tak sayang.. berhubung saya belom pernah semuanya so… langsung study in case aja yah.. hohoho~ (tidak semua cerita study in case ini benar dan merupakan kenyataan loh yah!!)

Ada seorang ikhwan (kabarnya yg disebut ikhwan ini adalah cowok soleh yg tidak pacaran sebelum menikah, katanya sih begicuuuu) ditaksir beberapa akhwat (kabarnya yg disebut dengan akhwat ini adalah cewek solihah yg tidak pacaran sebelum menikah, katanya sih juga begicuuuu), ampe adalah beberapa akhwat yang menanyakan kesiapannya menikah dan menyatakan diri siap dibina olehnya (duile bahasanya dibinaaa hehe) melalui sebuah eh seorang perantara.. deng deng! Usut punya usut udah beberapa kali ditanyain ikhwannya emang belum siap.. disamping memang punya alasan lain, menunggu seseorang akhwat lain sembari juga mempersiapkan kesiapannya..

Ada ikhwan bercanda pingin memproses dirinya dengan seorang akhwat ampe akhwatnya ngira tuh ikhwan ciyuusss benerr hingga panas dingin dibuatnya. Tadinya si akhwat biasa aja eh jadi nggak biasa lagi gimana gituh… maklum cewek.. jadi muncul deh perasaan Ha-Dua-Che.. prikitiuuww

Ada ikhwan cerita semua rencana masa depannya ama si akhwat ampe si akhwat ngira si ikhwan bakal ngelamar doi.. widiih… dah siap2 tuh si akhwat.. eh ternyata eh ternyata si ikhwan nikah ama yg laen. Kecele bener dah si akhwat.. hiks hiks…

Ada akhwat naksir bener ama ikhwan, padahal cuma ngobrol beberapa kali ama doi… ketemu aja jarang.. maklum, laen Benua bro! tapi saking kesengsemnya ama pertemuan pertama, si akhwat jadi takut kalo ada yang ngelamar doi.. takut kalo doi nolak lamaran gegara si ikhwan nun jauh disana ini.. widiih… si akhwat takut diproses, pokoknya masih takut kalo jodohnya bukan doi.. bukan seperti yang dia harap-harapkan huhu.. kayaknya merana bener dah…

Ada akhwat dulu sempet deket ama ikhwan. Tapi sekarang si ikhwan teh udah biasa aja ama akhwat, tapi yah namanya cewek susah move on ama yang pernah perhatian ama doi meski hanya sekejaB, caelah hihi.. Udah jelas-jelas si ikhwan ini teh belom siap nikah, sementara sang akhwat udah di usia siap nikah bahkan beberapa proposal ditolaknya gegara masih belum ikhlas hati ditinggal ikhwan.. Duh!
Ada juga akhwat naksir abis ama ikhwan hingga berani menanyakan langsung ke ikhwannya siap nggaknya (siap ngapain bu?? Hihi). Meski kita gak boleh su’udzon juga dengan tipe2 akhwat macem ni. Siapa tau doi punya alasan khusus kenapa nanya to the point. Kalo cinta ya bilang cinta.. kalo sayang ya bilang sayang.. uhuuyy…

Dari semua kisah kasih tersebut, saya muarakan pada satu kesimpulan yakni

“Kekhawatiran dan Harapan”

Masih tersembul kekhawatiran diantara kesiapan menikah, kekhawatiran jodohnya bukanlah pilihannya, kekhawatiran jodohnya tidak seperti yang ia impi-impikan. Masih tersembul harapan-harapan terhadap manusia yang diyakini bisa membahagiakan hidupnya, merasa diri paling tahu apa yang terbaik untuk dirinya. Astaghfirullah, sombong hati itu karenanya... Dear brothers and sisters, kekhawatiran itu masih akan terus ada kala kurangnya iman kita terhadap Qada dan Qadar. Ingat, Tuhan sudah atur semuanya, bahkan hingga daun yang gugur sekalipun, maka putuskanlah harapan kepada semua makhluk. Karena manusia tak ada yang berdaya, manusia hanya tampak berdaya. Berusaha dan berharaplah hanya kepada Yang Maha Mengabulkan Harapan.

Dalam menunggu sebuah penantian, ingatlah bahwasanya pahala kebaikan itu akan terus mengalir namun aliran pahala tsb akan berhenti mengalir manakala tak ada Allah di dalamnya. Tiada yang salah dengan menyukai, pun tiada yang salah dengan mencintai, hanya saja Lapangkanlah dan luruskanlah niat. Semoga tersampaikan padamu separuh dirimu untuk dunia dan akhiratmu.

Berbenahlah pada dirimu sendiri, terus mendekat kepada-Nya.. insya Allah, Allah akan memberikan yang terbaik untukmu…

Innamal a’malu binniyat wa innama likulim ri immanawa…
-Sebuah renungan untuk diri sendiri-

0 comments:

Posting Komentar