Sabtu, 17 Agustus 2013

Edit

Talkshow Jalanan Session with Dhikur

Berhubung ada permintaan SESEORANG bwt rekap hasil "talkshow jalanan session" with Adhie Kurnia, so gw akan menuliskan catatan yg gw bisa simpulkan dari diskusi kemaren (sebelum lupa)

Semalam, setelah pulang dari nikahannya Adul-Alfi, gw n temen2 AADT (Arung Alam Dekati Tuhan) -btw kalo di UI sih KATANYA udah banyak yg tw ni komunitas, nah gw salah satu anggotanya yg nonUI, fyi aja sih- makan malem di alun2 kota Serang yg damai abis kayak berasa di Semarang. Ada topik yg pastinya sedang in-in nya untuk diperbincangkan, yakni tak lain dan tak bukan adalah tentang nikah. Sesi kali ini dinarasumberi oleh Adhie Kurnia, seorang al akh yg sudah sekitar 4 bulan menikah. Berikut catatannya:

1. Kalo ingin menikah, jangan cari pasangan yg ideal, jangan cari pasangan yg sempurna tapi carilah pasangan yg klop secara karakter. Dalam artian cari orang yg tau dan mengerti tentang karakter kamu, misalnya oh dia tau saat kita lagi marah kayak gimana, dia ngerti waktu kita lagi capek kayak gimana, pokoknya dia ngerti karakter kita luar dan dalam karena sulit kalo pasangan ga ngerti karakter kita, bisa2 dari situ timbul konflik. Bisa aja kalo pasangan ga suka kelakuan kita dia ga bilang, tapi semakin lama dipendam dan ditumpuk bisa timbul konflik yg semakin besar. Memang sih kita ga bakal ngerti seutuhnya..pasti ada hal2 dimana kita baru tau ttg karakter dia. (Iyak, karena emang taaruf itu selamanya sampai mati pasangan itu saling bertaaruf)

2. Yang paling penting dari menikah itu niat. Bener deh. Niat yang sungguh2, mau nikahnya kapan. Pasti ada jalan. Pasti ada jalan. Percaya deh. Saya aja (baca: Saya → Adhie Kurnia) nggak nyangka bisa nikah cepet padahal yah saya kira bulan2 Agust-Sept setelah lebaran ini. Eh, malah dalam waktu 3 bulan jadi.

3. Pengalaman saya jarak antara diterima lamaran dan penentuan hari H oleh calon mertua cuma 2 bulan aja. Nah, buat yg cowok harus siap begitu dikasi tau kapan tanggal baiknya. Dalam artian siap secara finansial ya.. jangan sampe begitu calon mertua dah ok, eh cowok grabak grubuk kebingungan nyari dana bwt nikah. Jangan sampe juga ketika sudah oke, timbul perasaan "ah saya nggak siap nih". Itu bahaya.. bisa hancur martabat depan calon mertua.

4. Cari pasangan yg sekufu, selevel. Ada yg bilang jangan sampe ketika menikah semuanya jadi berbeda. Karena keluarga juga menilai pasangan kita. Misalnya, si A tadinya hidup serba berkecukupan tapu begitu menikah dengan si B, hidupnya lantang luntung. Nah, sebaiknya jangan. Sekufu disini maksudnya selain se visi juga selevel (dalam strata sosial).

5. Perbedaan Kultur Budaya antar keluarga emang bakal berpengaruh pasca menikah. Nah, ini kadang yg harus disikapi secara bijak. Contoh, mungkin guyonan2 di keluarga pasangan gak "nyambung" dengan kita, hal hal kecil kayak gini kadang bisa timbul konflik, coba cari benang merah dimana yaaa kira2 kita bisa "nyambung" sama keluarganya. Bukannya nyambung maksa, tapi cari aja titik titik perpotongannya. Makanya jangan sampe pasangan ini gak jelas visinya buat keluarga. Harus ada visi bwt keluarganya masing2..

6. Masalah finansial setelah menikah pasti ada. Tapi yakin aja pasti ada rejekinya, tentu dengan usaha juga..

7. Campur tangan orangtua juga pasti ada, terutama nanti kalo pasangan dan punya anak. Orangtua inginnya dihormati dan didengerin, dengerin aja maunya ortu tapi baik2lah berdiskusi tentang visi pasangan ke anak (ttg sekolah dan masa depan)

8. Terkadang ada hal2 yg ga bisa dibicarakan dengan istri, mungkin enaknya dibicarakan dengan temen.. tapi jangan sampe istri dikesampingkan n smuanya dibicarain sama temen. Bisa jadi berabe semuanya

9. Kalo tinggal sama mertua pasti ada nggak enaknya. Meski cuma bentaran aja. Mertua pasti liat kita kyk gimana berdasarkan yg mereka liat waktu tinggal dirumahnya padahal mungkin kita ga seutuhnya kayak gitu. Misalnya pas saya lagi capek banget, ga enak mau tidur abis subuh di rumah mertua jadi tunggu sampe dhuha dulu.. ya karena mertua pengennya liat mantu itu pekerja keras. Kadang mertua gak liat hasilnya loh, mereka liat prosesnya, gimana kita banting tulang cari penghasilan. Pokoknya asal pergi pagi pulang malem, mertua pasti respek ama kita, meski ga tau perginya ngapain juga (siapa tau ga kerja juga wkwk) hahaha..

Hmmmm... kayaknya sekian deh.. kalo ada yg ketinggalan mungkin nanti bisa ditambahkan..

Thanks to Dhikur atas sharing2nya :)

1 komentar: