Senin, 18 Juni 2012

Edit

Galeri Lukisan Trip


Sebelum gue lupa, gw mau nulis pengalaman gue yang kemaren. Hmm.. sebenernya biasa aja sih Cuma sedikit agak bodoh dan kocak aja hehehe..

So, hari minggu kemaren tepatnya 17 Juni 2012, gw and 2 orang sahabat gw jaman SMA berencana melepas rindu gitu deh. Sbnernya geng kita ada beberapa orang (jumlahnya gak pasti sih keluar masuk hahaha). Yang pasti kali ini gw ketemuan sama Tori (Astari, FK UI 2007) n Suri (Sri, Arsitektur ITB 2007). Berkenaan dengan rekomendasi dari Suri kita mau kongkow2 di Kafe Tjikini daerah Cikini. Berhubung pada gak tau tempat itu akhirnya kita janjian ketemuanlah di TIM (Taman Ismail Marzuki). Nah, pas Suri dateng dengan bawaannya yg segede gaban (Tas Gunung) karena dia mau langsung capcus ke Bandung, kita memutuskan untuk liat pameran lukisan di galeri sebelah planetarium. Gw mah hayuk aja, secara blm pernah dateng ke pameran kayak ginian.. hihihi..

Pameran Lukisan Tunggal ini karya Mbah Sri ….. setelah 50 tahun berkarya (lupa nama panjangnya, mungkin penggemar lukisan pada tau kali yaa). Teruus, pas masuk (gratis sih), kita disuruh registrasi, macem nulis buku kayak kondangan gitu deh. Rada kaget aja haha and dikasih gratis agenda pameran di TIM (gw gak ngambil secara gak tertarik), terus pas si Suri ngambil eh bapak2nya nawarin catalog lukisan apa aja yg dipamerin dan penjelasannya, nah yang ini harganya 5.000. Pas si bapak nawarin ya gw ambil2 aja dong ya (karena gw kira gretongan) eh pas bapaknya bilang bayar (even Cuma) “5000”, spontan gw bilang “eh gak jadi deh pak”, hahaha.. Temen2 gw pada mesem2 aja wkwkwk.. (ceritanya masih jiwa mahasiswa wkwk)
Mulailah kita masuk liat2 lukisannya, beeuhh lukisannya abstrak n gak bisa dimengerti. Cuma temen gw aja noh si Suri yang sedikit berkomentar ttg lukisan, gw ama Tori mesem2 wae hahaha.. sampe di ruangan tengah pas liat2 lukisan yang bercat minyak, eh ada ibu2 yang ngasih kita cendol. Emang sih kayak ada meja prasmanannya gitu.. LUmayanlah gratis, hehe.. pas keliling2 ternyata kita ketemu sama pelukis aslinya, ini yang tau si Suri. Meski gw kita gak kenal n gak tau menau, rencananya kita mau minta poto bareng ama si mbah tapi berhubung dia lagi ngobrol ya gak jadi. Nah, pas mau ke pintu luar berpapasanlah kita sama si Mbah. Tiba2, si mbah nanya “Ponakanne sopo?”. Lhah cengo lah kita, perasaan kita pengunjung luar masa dikira sodara hahaha.. lantas bilanglah kita kalo kita hanya pengunjung luar. Ternyata eh ternyata si Mbah lagi mau adain pertemuan keluarga di galeri itu, makanya ada prasmanan dll. Wah, alamat cendol nyasar tuh! Hahaha.. tapi kata si mbah gak pa-pa wkwkwk.. terus dengan selebornya  gw Tanya “Boleh minta poto bareng” (padahal kagak ada niat juga n gak kepengen juga hahaha, Cuma iseng :p). Eh dah gak niat kayak gitu malah ditolak si Mbah deh, katanya gak usah hahaha.. maklum seniman, down to earth banget si mbah wkwk.. (jadi gw yang malu >< wkwk)

Lanjut, kita jalan kaki dari TIM ke kafe tjikini, disini Cuma minum kopi, makan kentang, n ngobrol2 + wifi an aja ama sholat. Selanjutnya kita naek bajaj ke galeri nasional. Sumpah! Ini pertama kalinya gw tau kalo Indonesia punya Galeri Nasional lhoooh n gedungnya lumayan ok, hahaha… Perjalanan Nyeni banget kayak gini Cuma bakal lo dapetin kalo jalan bareng ama Suri! Trust me! Ahahaha..

Suri and Tori di depan Kafe Tjikini

Jadi, di GNI ini lagi ada pameran kumpulan lukisan Raden Saleh (fyi, kayaknya gw pernah denger nama ini di buku IPS sih hahaha). Ternyata (setelah masuk galeri pastinya), Raden Saleh adalah pelukis Indonesia yg sangaaaat terkenal dan menghebohkan Eropa karena karya2 lukisannya yg sangat nyata pada abad ke 19. Bahkan karya2nya telah dikirimkan ke Raja2 di Perancis and Eropa pada zamannya. Sepertinya sedang ada kerjasama antara pemerintah Belanda dan Indonesia dalam mengumpulkan semua karya Raden Saleh ini. Pretty excited karena lukisan2nya baguuus n idup banget! Ada lukisan Van Den Bosch juga lhoh (meski lo pasti bisa liat di buku IPS SD hihihi). Nah, Karena waktu itu hari terakhir jadi rame banget n cukup ngantri. Kita kudu nitipin tas sebelum masuk liat2 lukisan. FYI, waktu Suri nitipin tas gunungnya, mbak2 panitia bilang “kayaknya ini (tas ini) udah deh kemaren” (fyi, Suri dateng dari Bandung dengan tas itu n langsung ke GNI ini satu hari sebelum hari kita ke GNI bareng). Terus dengan polosnya Suri bilang “Iya saya dateng lagi mbak” hahaha..

Lukisan Van Den Bosch

 Lukisan Anak Kecil Belanda yang nyata banget rambutnya

Gue di Pojokan Biografi Raden Saleh


Pas lagi ngantri eh kita ketemu Anies Baswedan n Miing, yang dateng kesini sepertinya kalangan berada n mengerti sejarah sih. Kalo gw gak diajak Suri mana tau gw beginian hahaha.. good2 J selesai keliling2 galeri, kita kelaperan. Gw rekomendasiin tempat makan sekitar situ di nasi uduk Gondangdia! (fyi, makan disini emang enak banget meski harganya juga enak hahaha). Hmm.. meski udah 3x gw kesini tapi gw orangnya emang susah banget inget jalan.. apalagi jalanan sekitar cikini yg muter2 n hampir sama L Tori ama Suri percaya aja lagi sama gw wkwkwk.. Secara pas naek bajaj kita diturunin di Stasiun Gondangdia (karena gw kira resto ini ada di jalan gondangdia, kenyataannya Jl. Cikini Raya IV). So, dari gondangdia kita kesasar n nanya sana sini and thanks God akhirnya nemu juga nasud itu! Kalo enggak gw bakalan dimakan sama dua makhluk kelaperan ini deh wkwkkk…

Makan makan makan dan perpisahan, si Suri balik ke bandung, Tori ke rawamangun and gw ke Menteng Dalam setelah sebelumnya curcol bareng di pom bensin sambil  makan es krim :p. Lumayan capek karena habis jalan jauh juga siih tapi pengalaman yg seru banget jalan2 ke Galeri Lukisan and nambah pengetahuan sejarah lah dikit, heheu.. c u in our next trip!! 

2 komentar:

  1. Nasi uduk di ujung dunia! hahaha

    BalasHapus
  2. Artikel menarik... ..Berbagi wawancara dengan Vincent van Gogh (imajiner) artikel di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/11/wawancara-dengan-vincent.html

    BalasHapus