Jumat, 20 Mei 2011

Edit

Welcome to My Life, Dawleys!


Akhirnya hari yang ditunggu2 tiba jua. Ya, hari ini aku kedatangan banyak tamu. Siapa lagi (ups, maksudku apa lagi) kalau bukan 51 tikus percobaanku (ini baru sesi 1 masih ada sesi selanjutnya dengan jumlah yg sama setelah sesi ini), galur Sprague Dawley. Tikus Sprague Dawley yang merupakan jenis outbred tikus albino serbaguna. Jenis ini secara ekstensif digunakan dalam riset medis. Keuntungan utamanya adalah ketenangan dan kemudahan penanganannya. Tikus jenis ini pertama kali diproduksi oleh peternakan Sprague Dawley (kemudian menjadi Perusahaan Animal Sprague Dawley) di Madison, Wisconsin. Fasilitas penangkaran dibeli pertama kali oleh Gibco dan kemudian oleh Harlan (sekarang Harlan Sprague Dawley) pada bulan Januari 1980.

Saat ini aku masih semester 8 (sebenernya akhir semester 8 sih) dan “tamu2” ini merupakan penelitian utamaku. Sudah cukup lama aku memulai penelitian ini (NB: ikut penelitian Pak Rahman S3 yang didanai oleh DIKTI karena yah jujur aja aku nggak punya uang, hihi… :P). Penelitianku berjudul “Pengaruh Isolat Protein Daging Teripang Pasir (Holothuria Scabra J.) terhadap Pengendalian Kadar Gula Darah Tikus Diabetes Mellitus.” Kedengarannya keren yaah? Hihi, maklum saja penelitian ini kan diprakarsai oleh seorang mahasiswa S3, aku mah Cuma ikut2an aja.. hehe, tapi gak pa-pa karena targetku memang ikut penelitian yg “ITP” banget karena setelah lulus nanti aku berencana bekerja tidak pada bidang “ITP” banget.. “maksudnyaa??* (catatan: ITP : Ilmu dan Teknologi Pangan)

Singkat cerita, walaupun penelitianku Cuma ttg isolat tapi aku dan temanku, Nida, juga ikut bikin sampel yang lain, contoh: tepung daging teripang, konsentrat daging teripang dan hidrolisat daging teripang. Bikin sampel2 ini Setengah IDUP bgt *lebayy*, tapi emang bener sih.. serunya jadi scientist, banyak trial n error, berat badan turun drastis (indikator: tulang pipi keliatan, sekarang nggak lagi, haha), badan tepar, bolak-balik FATETA-FKH, nyuci2 ratusan tabung sentrifuse daaaan lain-lain sebagainya.. nikmati sajalah kalo kata Pak Made, Dosen pembimbing keduaku. Ok setelah sampel2 ini jadi (untuk sementara cukup segini), masuk ke tahap berikutnya yakni tahap HIPERGLIKEMIK.

Mereka (baca: Dawleys) sudah dipesan 2 bulan lalu karena harus disesuaikan umur dan beratnya juga.. Hari ini, tepat 20 Mei 2011 mereka datang ke tempat tinggal barunya: Laboratorium Hewan Percobaan, SEAFAST CENTER (South East Asia Food and Agriculture Science and Technology Center).. Keren banget kan?? Padahal sih intinya: Kandang tikus! Hihihi…

Entah mengapa aku tertarik penelitian dgn memakai tikus ini, padahal aku punya pengalaman buruk lho sama tikus! Jadi, waktu dulu ada praktikum “Evaluasi Nilai Biologis Komponen Pangan” di semester 7 yang pake tikus, aku sempat kena alergi jadi Diare, muntah2, pening, kembung, mual, pokoknya jadi satu semua hanya gara2 habis ngasih pakan ransum ke tikus karena hari itu kelompokku piket. Kata dokter sih kena bakteri di kutu tikusnya. Whatever, aku mah santay aja.. maybe, Cuma lebih mengetatkan peraturan aja, jadi sekarang kalo ke kandang pake pakaian lengkap alias pake jas lab khusus tikus n masker..

Lanjut lagi, mereka lucu2 banget.. masih lincah sewaktu diantar.. tapi setelah dipisahkan di kandang masing2 (pake baskom kotak –red) jadi pada diem gitu.. mungkin masih pada kaget kali ya jadi nggak punya temen.. hihi.. sekarang masih masa adaptasi selama seminggu. Oiya, ransum mereka ransum standar kok (karena akan dicekok aja). Tahap berikutnya adalah penentuan dosis sampel terbaik dan ini akan aku lakukan 2 minggu full dari pukul 08.00-18.05 (istirahat hanya dari pukul 12.35-13.30 dan 16.05-16.40 saja) karena pengukuran darah tiap 5 menit sekali.. Yuhuuuu… kita sambut dengan senyuman aja yaaa!! Sekali lagi kuucapkan: WELCOME TO MY LIFE, The Dawleys! ^__^

3 komentar: