Senin, 03 Maret 2014

Edit

PAK RAHMAN


Tetiba sayang ingin menulis tentang beliau.. Salah satu orang yang berada dibalik kesuksesan kelulusan saya adalah Pak Rahman. Pak Rahman adalah mahasiswa pascasarjana S3 sewaktu saya sedang dalam masa-masa tugas akhir. Pak Rahman sebenarnya dosen di sebuah Universitas Negeri di Riau dan dibiayai untuk sekolah Doktor di Ilmu Pangan IPB.
Penelitian doktor yang cukup rumit membuat Pak Rahman membutuhkan bantuan calon sarjana dalam pelaksanaan penelitiannya, dan singkat cerita, saya terlibat dalam penelitian beliau.. saya mengambil sedikit topik dari disertasi Pak Rahman untuk saya tuliskan dalam skripsi saya..
Sepanjang saya berinteraksi dengan beliau, banyak sekali pelajaran yang bisa saya petik. Pak Rahman selalu mengulang kata-kata ini ketika kami berinteraksi:
"Percaya deh, ketika kita menolong orang lain, kita pasti ditolong orang lain jugaa.. Entah dari mana aja jalannya, pasti ada jalan.. Bener deh kata saya.. pasti itu.. pasti.."
Pak Rahman juga orang yang sangat dermawan dan tidak perhitungan. Beliau terkadang menraktir kami semua (bersama teman-teman satu lab pascasarjana Ilmu Pangan) untuk makan-makan nasi tiwul + Ayam Goreng masakan si mbok yang enak banget di hari Jumat. Tak lupa ada es buah yang seger abisss.. Kerja di lab memang sangat melelahkan, Pak Rahman mampu menyatukan semua orang yang bekerja di Lab yang sama.
Pak Rahman juga orang yang supel, terkadang kami mendapat potongan harga analisis dari lab-lab yang dibutuhkan karena kesupelan Pak Rahman. Selain itu, asiknya penelitian bareng Pak Rahman adalah semua biaya ditanggung beliau! hehehe.. Maklumlah saya hanya anak kecil yang tidak punya apa-apa. Biaya penelitian cukup besar sebenarnya dibiayai oleh DIKTI meski Pak Rahman harus mengeluarkan modal sebelum dananya cair.
Pak Rahman sudah memiliki dua orang anak dan seorang istri yang tinggal di Riau. Beberapa minggu sekali beliau pulang ke Riau untuk mengunjungi anak dan istrinya. Kalau ada hal yang kurang jelas dalam penelitian alias ilmu yang kurang dipahami, Pak Rahman tidak segan-segan menjelaskan dan menerangkannya sampai kami paham..
Dari Pak Rahman, saya banyak belajar untuk memberi dengan lebih karena saya melihat Pak Rahman adalah seorang yang gemar memberi sehingga Allah pun memberi dan membalas semua kebaikan beliau berkali-kali lipat.
Terima Kasih Pak Rahman atas kesempatan dan segala bantuan hingga saya lulus sebagai seorang sarjana! :)

1 komentar: