Rabu, 10 Oktober 2012

Edit

Hidden Paradise Indonesia – part Kiluan Dolphin Bay


Hmmmmhh.. mau mulai dari mana ya ceritanya? Karena begitu banyak yg mau diceritain hehe.. Oke, kita mulai dari sini aja.

Don’t know since when tiba2 melintas di kepikiran gw: “Gue pengen liat Lumba2 di Laut Lepas, di Australia!”. Out of Nowhere, itu pikiran tiba2 muncul gitu aja. Mungkin karena pengaruh Baliho Visit Australia deket kantor gw yg gambarnya tepi laut gitu ya meski gak ada lumba2nya..

And suddenly, gak berapa lama setelah terlintas pikiran tersebut, sahabat gw, Titis bilang kalo dia bakalan ke Kiluan, suatu daerah di Lampung dimana kita bisa ngeliat Lumba2 di tengah samudera. What? Really? Emang ada tempat kayak gitu di Indonesia?? The innocent girl came out. Gue emang udah punya niataaaan banget dari dulu keliling Indo namun karena gak punya daya alias gak punya duit so gak pernah ambil kesempatan itu. And now, disaat gw udah punya daya eh gw gak punya waktu hihihi.. Tuhan tuh Maha Adil yah.. Tapi tetep gw nekad mau ikut trip temen gw itu.

Singkatnya, tadinya kami mau berangkat bareng dari Jakarta & bakal ketemu satu temen lagi, Daniel, yg lagi jadi volunteer Indonesia Mengajar di Lampung. I was too much excited bcz I had never been to Sumatera before. Lol. Di detik2 menjelang kepergian, something came up and made me sooooooo sad L Titis membatalkan kepergiannya karena suatu hal. Hiks.. otomatis gw kudu pergi sendiri dong naek kapal dari Jakarta yg gw pun belum pernah. Sempet takut juga tapi yg namanya udah nekad mah hayok ajah.. hihihi..

first trip to sumatera, pertama kali naek kapal dalam keadaan sadar :p
sunset di kapal bareng ibu2
Manusia memang bisa berencana tapi Tuhan yg atur. Ada satu org temen gw lagi yg join tur ini, dataputra, kebetulan dokter hewan satu ini sedang menangani pasiennya which is kucing di kota Lampung & tertarik banget begitu gw ceritan ttg Kiluan. Fyi, gw ambil Compensation Leave 1 hari di kantor demi perjalanan gw ini.
Petualangan gw bermula dari naek bus Damri dari Gambir (seharga Rp 115.000 bisnis class). Gw duduk sama kakek2 asal Lampung. Alhamdulillah kakek ini orang baik & bisa ditanya ini itu, plus gw jg diingetin buat makan sebelum kelaperan di kapal. Makasih ya kek :) Perjalanan dari gambir ke Merak cukup lancar, namun di Merak, kami kudu nunggu 3 jam lebih Cuma buat masuk kapal! Ini semua karena ada pembatasan bus yg masuk kapal regarding kecelakaan tenggelamnya kapal dalam beberapa waktu kemarin. Nah, sepanjang perjalanan ini gw berkawan sama Ibu2 dari Kebumen yg mau ngunjungin keluarganya yg mau naik Haji dari Lampung. FYI, ternyata di kapal juga bisa numpang chas HP lhoh.. cukup bayar Rp 5000,- kamu bisa ngecas HP semau kamu. Insha Allah aman karena ada nomor kartu kepemilikan juga.. a new thing I just known..

The waves were friendly and tibalah saatnya turun dari kapal. Sebelumnya gw ke WC dulu dan setelahnya gw kehilangan jejak ibu2 yg naik bis yg sama. Bingunglah gw seorang diri nyari bus gw parkir dimana. Gw udah panik. Orang2 yg gak naik bis udah turun dari kapal, sementara gw masih celingak celinguk diantara truk2 n takut kegencet kalo sopir truk gak ngeliat gw ada diantara parkiran itu.. can u imagine? Panas n gelap, gw dah mikir yg aneh2, hiks.. but finally, gw nemu bis gw berada!! And gw adalah orang terakhir yg sampe disana. Huff.. Thanks God hehehe

Bis keluar dari kapal & gw celingak celinguk ke luar. WOW, this is Sumatera! Kanan kiri hutan semua, amazing! *Maklum norak karena 22 tahun hidup di Jakarta & belum pernah nyebrang pulau except Bali :p*

Nyampe di Lampung, gw dijemput my lovely sista! Teh Devi dan nginep di rumahnya.. Istirahat for next day trip! Yaaayyy :D

Lampung is clean city dan asri :)


Sabtu pagi, kami dijemput @KiluanDolphin travel. Sekitar 4 jam perjalanan dari Bandar Lampung ke Kiluan. Kamu bakal melewati jalanan yg gak terlalu mulus, melewati tebing2 dan jurang, melihat pantai clara, bagus juga sih.. melewati perkampungan Bali dan melihat keindahan pura2 hasil karya warga transmigran dari Bali! Amaziing!

Jalan Menuju Kiluan
Lampung Traditional House
Pura di perkampungan Bali

And… Welcome to Hidden Paradise Indonesia! Sampe di perkampungan, kami harus naik sampan boat kecil untuk menuju ke pondok. Hanya sekitar 5 menit ke Kiluan Bay yg ada pondok kami! Asli, pondok ini lengkap banget. Fasilitas MCK ok, ada rumah pohon yang keren banget, ayunan, darmaga tempat kongkow2, perahu2an dari gabus (seru loh main ini), tempat bakar2an, gazebo and of course kamar yg cozy :D. Kata Kang Tatang (dari Travel Kiluan Dolphin), tadinya mau ada 12 visitors untuk minggu itu, it means that if they came maka pondok akan menjadi crowded dan kemungkinan ada yg di tenda. Entah mengapa dari 12 orang itu tinggal 3 orang aja yg fix berangkat, yah gw dan kedua temen gw ini. Hehehe.. So, di pondok itu sepiiii banget, it was just like our private island! Karena kalo kamu mau ke pondok (penginapan) lainnya, kamu kudu naik boat mengingat teluk ini berlekuk2 bentuknya. See? How lucky we were!

Welcome to Kiluan!
Beautiful
Jerniiih

Rumah Pohon

Non-Polluted Water

Sunset di Kiluan <3 td="td">

Pondok Kami

Private Island

Makan siang dan segalanya dah ditanggung dari travel. Kang Tatang yg nyelem n nembak ikan feat. Pancingannya Kang Iwan emang mantep bener segernya hehe.. sepanjang hari itu, gw cuma leha2 n moto2 plus pengenalan pulau. Fyi, kalo mau berenang di depan pondok kami, hati2 banyak karang n sakit2 hehe.. malemnya, kami disuguhi hasil tangkapan Kang tatang. Ada ikan kakak tua, ikan apa lagi gitu hehe lupa.. mantep deh :)

Teruus… sempet juga bincang2 tentang life & future di Darmaga bareng Data, Kang Tatang & kang Iwan (yg pastinya sambil mancing ikan, nggak ada matinya kedua bapak ini, mancing teruuuss, hehehe). Malemnya bobo buat persiapan liat dolphin pagi2 <3 o:p="o:p">

Kongkow2 & Ngobrol tentang hidup di Darmaga :)

Nah, pagi2nya setelah subuh, gw pergi ke tepi lautan, merenung, dengerin murottal dan muroja’ah sendirian. Amazing, subhanallah! Andai laut itu bisa ngomong, mungkin dia bakalan ngingetin bagian2 mana yg salah dan bacaan mana yg kurang bener :) namun ia hanya diam seribu bahasa, mendengarkanku “Setoran” hehehe…

Post-Fajr Beach yg menjadi saksi :p

Suasana Pondok saat malam

Suasana Pondok saat siang

Ki-Ka: Kang tatang-Abah-Kang Iwan-Pak Jana

Ikan Marlin hasil tangkepan nelayan


Rumah Apung

Jreng2.. perahu Abah sudah menjemput kami dan kami pun berangkat ke tengah samudera, mengarungi ombak yg lumayan gede pagi itu! Terlihat beberapa perahu juga sudah berlayar demi melihat lumba2 tercinta. FYI, ketika sampe di tengah samudera, gw lebih takut kalo Samsung Galaxy S3 gw nyebur ke laut daripada gw sendiri yg nyebur ke laut, hihihi.. maklum gak punya handy cam or camera, hahaha…
After sailed for about 30 minutes far from beach, akhirnya muncul tanda2 ada lumba2.. gw tereak hebooh abis, hihihi.. sorry for my fellows! Mereka timbul dan tenggelam di atas permukaan laut. Video nya bisa diliat disini, disini dan disini

Ready to See Dolphins!

Kata Abah, gerombolan dolphin hari itu  masih sedikit (Meski menurut gw udah cukup banyak loh :p). Abah said “Ini mah masih sedikit, biasanya lebih banyak lagi, kayak laut ini Cuma punya mereka orang aja” LOL *gaya bahasanya Lampung banget :p*. Abah juga bilang, wisata dolphin ini masih baru sekitar 4 taunan dan sebelumnya lumba2 disini diburu buat pancingan ikan hiu, hiks L kedalaman di laut yg kami arungi bisa lebih dari 200 m loh! Terus juga kadang suka ada Paus yg kalo lagi bernapas lewat lubang diatas palanya itu, perahu kayak kami ini bisa langsung terbalik. Hehe..

Ilustrasi Lumba2 yg kami liat (potonya gak keambil cuma video hehe)

Setelah puas liat lumba2, gw mulai mabok laut n berniat kembali ke pondok dan disuruh siap2 berlayar ke pulau kelapa buat snorkeling. FYI, kamu bisa make alat snorkeling sampe kapanpun kamu mau selama kamu ada di Kiluan. Abis sarapan, kami berlayar lagi ke pulau seberang bareng Abah & Pak Jana. Terus kami ditinggalin sama Abah & Pak Jana sampe jam 1an. Kami snorkeling & sampe bosen foto2, cerita2, n muter2in pulau hingga siang hari dan lambat laun orang2 sudah kembali ke pulau masing2.. Pulau sepi dan hanya tinggal kami bertiga! Seriously, ini udah kayak perjalanan 3 orang sahabat yg terdampar di satu pulau! Hahaha.. kami menunggu jemputan Abah &Pak Jana yg sepertinya asyik banget mancing sampe lama jemput kami hehehe..

Sampai di Pondok, kami siap2 packing untuk kembali ke Bandar Lampung and it was totally amazing! I strongly recommend you to visit guys! However, short trip in hidden paradise was over and the truth was we should go back to our real life =)


Goodbye Kiluan :(

I love Lampung and Kiluan.. I love Indonesia! 

6 komentar: